News Update :

PMI Gelar Lomba PMR

Senin, 30 April 2012

print this page
send email

Logo PMI (Palang Merah Indonesia)

(Suara Muria, Senin 30 April 2012)   KOTA- Untuk mengasah kepekaan sosial di kalangan remaja, Palang Merah Indonesia (PMI) Pati, Minggu (29/4), menggelar Lomba Palang Merah Remaja (PMR), dia aula SMK Bathera Pati. Lomba diselenggarakan untuk semua tingkatan. Masing-masing, PMR tingkat Mula, Madya, dan Wira se-Kabupaten Pati. Lomba dibuka Ketua PMI Kabupaten Pati Haryanto.

Selain untuk mengasah kepekaan sosial di kalangan remaja, katanya, juga keterampilan hidup dalam mengurangi dampak yang ditimbulkan akibat bencana dan masalah sosial.

Karena itu, sesuai rencana lomba akan dilaksanakan dalam dua tahap. Pertama, untuk PMR Mula dan PMR Wira dan tahap kedua, untuk PMR Madya yang akan dilaksanakan, Minggu (6/5) pekan depan. "Para pemenang lomba ini nantinya akan mewakili Kabupaten Pati untuk mengikuti Jumbara PMR dan Temu Karya KSR Tingkat Jawa Tengah yang akan berlangsung di Kabupaten Kebumen,"ujarnya.


Haryanto lebih lanjut mengharapkan, lomba ini dapat meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan PMR PMI sebagai model, dukungan, dan pendidik sebaya. Bagaimana pun PMR sebagai anggota remaja PMI mempunyai peran dan peluang untuk mempengaruhi kelompok sebayanya.

Melalui pendidikan remaja sebaya, anak, dan juga remaja akan bersama-sama bertukar informasi untuk menemukan masalah, merancang dan membuat kesepakatan jalan pemecahan. Perilaku positif sejak dini, tentu akan berdampak pada peningkatan kualitas hidup di masa mendatang. "Karena itu, penguatan kapasitas PMR sebagai sumber daya manusia yang andal untuk pengurangan risiko berbasis remeja mutlak diperlukan."

Ketua Panitia Lomba, Bambang Santoso mengatakan, lomba dengan metode partisipatif itu pada tahap 1 diikuti 64 anak dari PMR Mula dan 136 anak dari PMR Wira." Materi lomba meliputi teori dan praktik presentatif dalam pertolongan pertama, perawatan kedaruratan, dan kepalang merahan."
Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan Komentar Anda

 

© Copyright Segogandul.Com 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.